Gaming Tips

Follow the latest news and look forward to various exciting events from GOC.

Pemula Wajib Tahu! Yuk Pahami Dasar-dasar Bermain Tekken 7!

15 Januari 2019

Hi Gamers!

Saat ini Tekken 7 bisa dikatakan salah satu game fighting terfavorit, bukannya hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Tekken 7 sendiri telah hadir untuk konsol dan PC. Dan perlu kamu ketahui, bahwa game Tekken 7 sendiri akhirnya telah resmi masuk dalam ajang SEA GAMES 2019 mendatang yang diadakan di Philippines nantinya. Untuk kamu yang telah mengikuti seri Tekken, tentunya saat memainkan game ini kalian akan terasa mudah, karena tidak ada perubahan yang cukup banyak dari seri Tekken sebelum-sebelumnya.

Lalu bagaimana jika kamu adalah seseorang yang belum pernah menjajah Tekken sama sekali? Menyambut Tekken 7 masuk dalam ajang SEA Games 2019 yang akan datang, kita akan memberikan sedikit tips dasar untuk kamu yang belum pernah bermain Tekken 7 ataupun yang masih belum memahami tentang hal dasar yang ada di game tersebut.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk kita simak tentang dasar-dasar bermain Tekken 7 yang perlu kamu ketahui.

1. Fokus Kesatu Karakter Utama

Jika kamu pemula, ada baiknya kamu fokus kepada satu karakter yang ingin kamu kuasai, agar nantinya saat kamu bermain dengan pemain lain, kamu sudah ahli dalam karakter tersebut. Jika kamu sudah memutuskan untuk memilih karakter yang ingin kamu kuasai, kamu bisa memulainya di Practice mode dan kamu bisa mempelajari beberapa gerakan dasarnya.

Dan perlu kamu ketahui, bahwa game Tekken sendiri adalah salah satu game fighting yang bisa dimainkan oleh siapapun, dan tentunya tidak tergantung sebarapa ahli kamu dalam memainkan game tersebut. Meskipun kamu bisa memainkannya, sayangnya game ini sendiri memerlukan beberapa latihan agar kamu bisa menguasainya. Maka dari itu, kamu bisa mencobanya dengan memfokuskan satu karakter terlebih dahulu, sambil kamu mengenal lebih dalam berbagai fitur yang ada di dalam game tersebut.

Dan kita memiliki sedikit saran karakter apa yang cocok untuk pemula. Kamu bisa mencoba Shaheen, Josie, Miguel, Bob, Paul, Asuka, Katarina dan Feng. Dengan frame yang sedikit, kamu bisa melangsungkan combo dengan mudah.

2. Latih Basic Move dan Basic Combo

Jika kamu pemula, bisa dipastikan bahwa kamu bermain hanya dua arah, yaitu maju ke depan dan mundur kebelakang saja. Bergerak ke berbagai arah sangat penting di Tekken 7, dimana nantinya apabila kamu sedang merasa terdesak oleh lawan, nantinya kamu tahu kapan waktunya untuk menghindar dari tekanan lawan. Dan tentunya untuk melakukan tersebut kamu bisa mencobanya di Practice mode. Dalam mode itu, selain kamu mencoba gerakan yang lebih variasi, kamu juga bisa mempelajari gerakan seperti throw dan throw break.

Berikut adalah Notations dari Tekken 7 yang wajib kamu ketahui:

Attack Buttons

  • 1 = left punch
  • 2 = right punch
  • 3 = left kick
  • 4 = right kick

Directional Inputs

  • f = forward
  • b = back
  • d = down
  • u = up
  • df = diagonal between down and forward
  • uf = diagonal between up for forward
  • db = diagonal between down and back
  • n = neutral

Short Hand

  • chicken = counter attack reversal
  • sidestep = Performed by tapping up or down. They can be used to avoid ordinary attacks
  • i = instant
  • ws = While standing attack (performed while standing up from a crouch).
  • ~ = Quickly slide to the next input.
  • FC = Full crouch animation
  • Capital Letter = Hold that direction instead of simply tapping.

Selain itu dalam Tekken 7 sendiri ada fitur Rage Art dan Rage Drive, dimana fitur ini baru diperkenalkan dalam Tekken 7 saja. Fitur ini sendiri tergolong cukup mematikan, dimana apabila kamu berhasil mengeluarkan fitur Rage Art atau Rage Drive, mungkin saja kamu dapat membalikan keadaan karena memberikan damage yang cukup besar kepada lawan. Sebagaian besar Rage Art atau Rage Drive bisa digabungkan dengan combo, maka dari itu fitur ini cukup berbahaya apabila seseorang berhasil menggunakannya. Namun perhatikan timing ketika mengeksekusi Rage Art atau Rage Drive ini, jangan diabuse tanpa perhitungan yang matang!

Kuasai basic movelist yang menjadi andalan karakter utama kamu. Tidak perlu menghafal semua jurus (movelist) tapi cukup pilih yang efektif dan pas untuk menyerang lawanmu atau melakukan punishment ketika kamu berhasil melakukan block.

Bisa dicontohkan jika kamu ingin menguasai Law, kamu cukup gunakan combo ini:

Untuk menghindari Rage Art atau Rage Drive cukup mudah, kamu hanya perlu bertahan atau bisa juga menghindari serangan tersebut.

3. Tahu Waktu Untuk Mengeluarkan Combo

Dalam movelist, kamu akan melihat beberapa sample combo yang nantinya bisa dipelajari oleh pemain. Saat kamu telah belajar menggunakan combo tersebut, kamu harus berpikir kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan kombo dalam pertandingan. Jika lawanmu CPU tentunya kamu dapat dengan mudah untuk mengeluarkan combo-combo.

Akan tetapi hal tersebut berbeda jika kamu melawan pemain asli. Gerakan yang digunakan untuk memulai combo biasanya adalah gerakan yang cukup beresiko, maka dari itu apabila serangan tersebut diblock atau ditangkis, lawan main kamu bisa langsung melancarkan serangan balasannya. Dan tentu saja mereka juga akan mencoba bermain pintar dan membaca setiap gerakan yang akan kamu lakukan.

Kamu bisa mencoba untuk menekan lawanmu dengan menggunakan jab dan low hit. Serang musuhmu dengan serangan frame kecil atau serangan cepat dan tanpa beresiko. Apabila musuh memiliki celah, kamu bisa melakukan combo kamu. Misalkan ketika kamu tengah berhasil memotong serangan lawanmu dengan serangan cepat milikmu.

4. Sering Latihan dan Belajar Dari Kesalahan

Kekalahan sendiri adalah cara kamu untuk berkembang. Dan jika kamu kalah, bukan berarti kamu 'cupu' atau lemah. Bisa jadi musuh yang kamu lawan lebih paham atau gerakan yang kamu lakukan mudah terbaca.

Jika kamu sadar atas kekalahanmu, nantinya itu hal yang harus kamu perbaiki lagi. Kamu harus berpikir bagaimana kamu bisa mengalami kekalahan dan bagaimana cara kamu untuk menanggulangi kesalahan tersebut.

Faktanya adalah kekalahan terjadi akibat pemain tersebut tidak sabar atau melakukan gerakan statis. Dengan begitu bisa dipastikan musuh dapat dengan mudah membaca setiap gerakan yang kamu berikan.

Selain itu dijaman yang serba modern ini,kamu bisa merekam hasil pertandinganmu, yang dimana nantinya kamu dapat mempelajari apa-apa saja yang harus kamu perhatikan saat bermain nantinya.

5. Perbanyak Menyaksikan Pro Player Bermain Tekken

Jika kamu merasa cukup kesulitan saat bermain Tekken 7, ada baiknya kamu beristirahat sejenak dan kamu bisa mulai menyaksikan cara bermain pro player Tekken 7. Nantinya saat kamu menyaksikan mereka-mereka yang telah ahli sedang bertanding, kamu harus memerhatikan apa yang harus kamu lakukan saat disituasi tersebut, dan apa yang harus kamu hindari saat disituasi tersebut. Dengan menyaksikan pro player bertanding, kamu bisa juga mencoba beberapa combo yang mereka perlihatkan yang mana nantinya mungkin bisa kamu tiru.

6. Percaya Pada Skill Yang Kamu Miliki

Percuma jika kamu sudah ahli dalam beberapa combo atau menebak pergerakan lawan, akan tetapi kamu tidak memiliki kepercayaan diri. Dengan percaya diri, kamu dapat bermain dengan santai tanpa adanya beban apapun. Meskipun percaya diri bagus, sayangnya tidak untuk percaya diri yang berlebih. Pasalnya jika kamu terlalu over 'PEDE', nantinya kamu akan meremehkan lawan, dan tersebut adalah salah satu hal yang dapat kamu jatuh ke lubang kekalahan. Dan sekali lagi jika kamu kalah jangan pernah berkecil hati atau bersedih. Jadikanlah hal tersebut menjadi satu motivasi yang nantinya bisa membuat kepercayaan dirimu tumbuh kembali.

Dan itulah sedikit tips dari kita untuk kamu yang ingin memulai bermain Tekken 7. Jika kamu memiliki tips dan saran tentang Tekken 7, kamu boleh bagikan dikolom komentar ya!

Apabila kamu tertarik mendalami tentang dunia Tekken lebih dalam, kamu bisa bergabung dengan komunitas Tekken di Indonesia!

FB Group IndoTekken: DI SINI

Fanspage IndoTekken: DI SINI

WA Group IndoTekken: DI SINI

gambar promo goc

Gaming Tips Lainnya