Gaming Tips

Follow the latest news and look forward to various exciting events from GOC.

5 Game Mecha Bergaya Anime yang Wajib Dicobain

29 Mei 2019

gambar artikel

Hi Gamers!

Ditengah persaingan game dari berbagai genre populer seperti Battle Royale dan MOBA yang merajai pasar, beberapa developer khusunya dari wilayah Jepang sepertinya masih nyaman dengan proyek mereka yang ditujukkan untuk para fans. Mengikuti tren memang salah satu ide terbaik untuk mendapatkan keuntungan, tapi kepuasan gamer dan fans akan proyek yang dinanti adalah tujuan yang lebih berarti. Contohnya tidak hanya bisa dilihat dari genre JRPG saja, karena game yang berfokus pada mecha battle dengan trope anime juga dikembangkan untuk memuaskan keinginan fans.

Popularitas game bergenre mecha sebenarnya bervariasi dan tidak selalu dapat diprediksi. Terkadang ada seri yang diantisipasi oleh gamer barat karena game tersebut adalah seri Gundam, dan terkadang ada juga yang kurang antusias. Negara Jepang sendiri sudah memiliki pengalaman selama beberapa dekade dalam menghadirkan seri anime, action figure, hingga adaptasi game mecha terbaik di dunia. Jadi masalah kualitas bukanlah sesuatu yang perlu diragukan lagi. Tapi dari sekian banyak game mecha terbaru yang diumumkan belakangan ini, pasti ada beberapa diantaranya yang paling menjanjikan.

Untuk itu, pada artikel special kali ini kami sudah merangkum 5 game mecha bergaya anime yang wajib diantisipasi. Daripada penasaran, yuk! simak listnya sama-sama.

1. New Gundam Breaker

Jika sudah menyangkut game bergenre mecha, Bandai Namco sudah memiliki farnchise andalan mereka yang selalu laris di pasaran. Yup, mana lagi kalau bukan Gundam. Setelah sebelumnya hanya menghadirkan seri Gundam untuk konsol dan arcade, kali ini mereka mulai terbuka untuk menjangkau lebih banyak gamer dengan rilis seri terbaru New Gundam Breaker.

Menghadirkan kualitas grafis yang lebih baik berkat implementasi Unreal Engine 4, game ini tetap menghadirkan gameplay yang berpusat pada pertempurnan antar Gunpla dan kustomisasi Gundam. Bukan tidak hadir tanpa perubahan tentunya, karena New Gundam Breaker kali ini memperkenalkan sistem baru yang bernama "Real Time Customization Battle," sistem ini memungkinkan pemain untuk merubah parts dan senjata Gundam saat berada di tengah pertempuran.


2. Border Break

Bagi sebagian gamer yang familiar dengan beberapa seri game arcade di Jepang, nama Border Break pasti sudah tidak asing lagi. Game mecha bergenre third-person shooter yang dirilis pada tahun 2009 ini menawarkan mekanisme gameplay dan kualitas terbaik jika dibandingkan dengan pesaingnya. Dalam upaya untuk menghidupkan kembali seri ini, SEGA akhirnya resmi merilis game ini di PlayStation 4 dengan akses free-to-play.

Tidak hanya hadir dengan seluruh konten yang sudah ada dari versi arcadenya, Border Break versi konsol ini juga menawarkan peningkatan kualitas grafis, perombakan mekanisme gameplay "Blast Runner," desain karakter baru, hingga beberapa perbaikan teknis lainnya. Karena untuk sementara game ini hanya dirilis di Jepang, kamu setidaknya harus menunggu rilis versi barat atau menggunakan akun PSN region Jepang untuk memainkannya.

3. Project Nimbus: Infinity

Antusiasme dalam menyambut seri terbaru Project Nimbus mungkin tidak sekuat keempat game lainnya yang ada dalam list ini, tapi bagi para gamer yang sudah memainkan seri terdahulunya pasti sulit untuk mengalihkan perhatian mereka dari proyek ini. Masih dikembangkan oleh developer GameCrafterTeam, Project Nimbus: Infinity adalah proyek game mecha terbau yang memasuki masa pengembangan pada bulan Mei lalu.

Karena informasi yang dibagikan masih sangat terbatas, sejauh ini pihak developer hanya berbagi penampakan visual key dari karakter utama Taiyo Iwata dan Luna Campbell. Kamu bisa mengikuti perkembangan proyeknya dengan mengunjungi fanspage resminya DI SINI.

4. Starwing Paradox

Starwing Paradox adalah game mecha terbaru besutan Square Enix yang mengusung konsep pertempuran mecha yang dipadu dengan genre MOBA. Sederhananya, kamu harus mengendalikan mecha raksasa yang biasa disebut "Ae Rial" dan menghadapi pertangungan 8v8 dalam sebuah area base. Kemenangan ditentukan dari tim mana yang berhasil menghancurkan core milik markas musuh. Untuk menghancurkan core, kamu harus melakukan grinding pertempuran yang cukup lama di area "Port." Setelah itu, kamu masih harus menghadapi musuh kuat yang disebut "Ae Grande."

Selain dikembangkan sebagai game arcade terbaru, Starwing Paradox juga mendapatkan proyek anime terbaru dimana Yoshiyuki Sadamoto juga ikut mengambil tugas sebagai character designer. Bagi kamu yang belum mengenal Sadamoto, dia adalah designer berpengalaman yang dulunya sempat mengerjakan desain karakter .hack, Neon Genesis Evangelion, hingga Summer Wars.


5. Zone of the Enders: The 2nd Runner Mars

Masih ingat dengan Zone of the Enders? Salah satu franchise game mecha klasik besutan Konami ini memang sudah lama vakum sejak rilisnya Zone of the Enders HD Collection untuk PlayStation 3. Seolah tidak mau dilupakan begitu saja, bulan Maret lalu Konami resmi mengumumkan kerjasamanya dengan Cygames untuk kembali merilis Zone of the Enders: The 2nd Runner.

Versi remaster yang berjudul Zone of the Enders: The 2nd Runner MARS ini menawarkan peningkatan kualitas grafis signifikan dan dukungan resolusi 4K dengan opsi post-effects. Tidak hanya itu saja, versi remaster ini juga menawarkan peningkatan kualitas audio dan fitur virtual reality untuk SteamVR dan PlayStation VR. Dengan semua peningkatan fitur yang digarap serius ini, kamu bisa saja menyebut ini sebagai proyek remake kecil. Game ini sendiri rencananya akan dirilis secara global pada bulan September mendatang, untuk PlayStation 4 dan PC.

Nah, itu dia list dari 5 game mecha bergaya anime yang sayang untuk kamu lewatkan. Karena sebagian besar dari game ini hanya dirilis untuk wilayah Jepang, semoga kedepannya pihak developer bisa mengerjakan rilis versi baratnya.

gambar promo goc

Gaming Tips Lainnya